Artikel

Penyelidikan Epidemiologi DBD Kelurahan Semarapura Tengah

26 April 2019 11:50:25  Administrator  531 Kali Dibaca  Berita Desa

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak. Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian.

Setiap di ketahui adanya penderita DBD baik diketahui secara langsung maupun mendapat laporan dari Rumash Sakit maupun pihak terkait, kelurahan Semarapura Tengah segera menindaklanjuti dengan kegiatan penyelidikan epidemiologi ( PE ) sehingga kemungkinan penyebaran DBD dapat di batasi atau di putus.

Pada 26 April 2019, Bidan Puskesmas Pembantu Kelurahan Semarapura Tengah bersama Kepala Lingkungan, Yowana Gema Santi dan Kader Jumantik melaksanakan kegiatan penyelidikan epidemiologi di lingkungan Bucu tepatnya di Jalan Dewi Sartika yang menyasar rumah warga yang terjangkit Demam Berdarah dan 100 meter di sekeliling rumah tersebut.  

Salam Gema Santi

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengaduan Online

Pengaduan Online

 Peta Kelurahan

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Aparatur Kelurahan

Back Next